Sunday, January 17, 2010

Sherlock Holmes vs Scooby Doo the Movies??

Durasi : 128 menit
Sutradara : Guy Ritchie
Produser : Joel Silver, Lionel Wigram, Susan Downey, Dan Lin
Penulis : Michael Robert Johnson, Anthony Peckham, Simon Kinberg, Lionel Wigram (story), Arthur Conan Doyle (Pop)
Pemain : Robert Downey, Jr., Jude Law, Rachel McAdams, Mark Strong, Eddie Marsan, Kelly Reilly
Musik oleh : Hans Zimmer
Sinematografer : Philippe Rousselot
Penyunting : James Herbert
Distributor : Warner Bros Picture
Ditayangkan di Amerika Serikat pada 25 Desember 2009 dan di Inggris pada 26 Desember 2009
Biaya pembuatan film : US$ 90 juta
Pendapatan kotor : US$ 304,323,000



Ringkasan Cerita :

Pada tahun 1891 di London, Sherlock Holmes (Robert Downey, Jr) dan Dr. John Watson (Jude Law) berhasil mencegah ritual pengorbanan manusia yang dilakukan oleh Lord Blackwood (Mark Strong) tepat pada waktunya, sebelum akhirnya polisi yang dipimpin oleh Inspektur Lestrade (Eddie Marsan) tiba dan menangkap Blackwood. Blackwood kemudian dieksekusi 3 bulan kemudian dan sebelum dieksekusi, Blackwood mengajukan permohonan terakhirnya yaitu untuk bertemu dengan Holmes. Pada pertemuan tersebut, Blackwood menyampaikan pesan bahwa akan ada 3 pembunuhan lagi dan Ia meyakinkan Holmes bahwa tidak akan ada yang dapat dilakukan oleh Holmes untuk menghentikan rencana pembunuhan tersebut. Kemudian Blackwood dieksekusi dan dinyatakan meninggal oleh Watson. Cerita kemudian berlanjut disusul dengan kebangkitan Blackwood dari kematiannya, pembunuhan si cebol Reordon, pembunuhan 2 anggota senior "Orde" yakni Sir Thomas (James Fox) yang tidak lain adalah ayah Blackwood, dan seorang anggota senior Orde lainnya yang hendak menembak Blackwood pada rapat Orde. Blackwood kemudian bekerja sama dengan anggota-anggota Orde, terutama Lord Coward (Hans Matheson), untuk menguasai Inggris dan mendorong Inggris untuk merebut kembali Amerika Serikat. Blackwood kemudian menyuruh Coward untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Holmes. Di tempat persembunyiannya, Holmes kemudian teringat akan perkataan Blackwood kepadanya sebelum dieksekusi dan Ia mulai mempelajari "teori" yang dianut oleh Blackwood demi mencari petunjuk. Holmes kemudian menyadari bahwa ketiga pembunuhan terakhir yang dilakukan oleh Blackwood terkait dengan mitos konstituen makhluk yang terdiri dari : manusia, sapi dan elang, dan simbol ke 4 yaitu singa adalah mewakili Parlemen Inggris. Holmes kemudian sengaja membiarkan dirinya ditangkap Kepolisian Inggris untuk mencari petunjuk lebih lanjut dan Ia berhasil mengetahui rencana Blackwood, melalui Coward, dan kemudian Ia melarikan diri. Di akhir cerita, Holmes yang dibantu oleh Watson dan Irene Adler (Rachel McAdams) kemudian berhasil menggagalkan misi Blackwood yang berniat membunuh seluruh anggota Parlemen.

Klimaks film ini terjadi pada Tower Bridge yang belum selesai dibangun, dimana Holmes menyadari bahwa apa yang dilakukan Blackwood selama ini yang berhubungan dengan "mistis" hanyalah tindakan aplikasi ilmu pengetahuan dan tipuan. Blackwood akhirnya tewas tergantung di Tower Bridge akibat ulahnya sendiri dan kemudian Adler menceritakan mengenai Profesor Moriarty yang "sama-sama brilian seperti Holmes, dan jauh lebih licik" yang menyuruhnya mencuri tabung berisi racun milik Blackwood. Pada akhirnya Blackwood mengetahui bahwa kejadian di Tower Bridge antara dirinya, Blackwood dan Adler digunakan sebagai pengalih perhatian oleh Moriarty untuk dapat leluasa mencuri komponen "mesin pembunuh jarak jauh" milik Blackwood, untuk kepentingan penelitiannya. Film ini berakhir pada saat Holmes menerima kasus baru, memburu Moriarty.

Kami menonton film ini di bioskop PIM I kemarin, 16 Januari 2010....Agak telat memang, karena minggu2 sebelumnya kami tidak berhasil mendapatkan tiket, mengingat penonton film ini sangat membludak....hiks....namun kami senang karena akhirnya kami berhasil mendapatkan tiket untuk menonton film ini....walaupun harus dengan posisi yang kurang nyaman, yaitu ke 3 dari depan....yaaahhh apa boleh buatlah, demi menonton film ini....hehehe

Berikut cuplikan diskusi kami sesaat setelah menonton film ini :

R : "ayang, filmnya baguuuusss yaaahhh....ga nyesel nontonnya, biarpun aku belom baca novelnya...." (dengan muka terkagum-kagum sama ke-jenius-an Sherlock Holmes)

N : "iya bagus....tapi kok agak mirip sama film Scooby Doo yah?" (dengan muka polos sambil pura2 mikir)

R : "huahahahahahaha....apanya yang mirip??"

N : "itu looohh....kan akhirannya ternyata bukan ilmu hitam ato magic tapi malah tipuan dan trik....mirip ama ceritanya scooby doo yang biasanya cerita tentang hantu tapi kenyataannya bukan hantu melainkan orang jahat" (lagi2 dengan muka polos)

gubraaaaakkkk....(ala film2 kartun jepang dengan kaki diatas-saking herannya sama perkataan si Nadi)

yah begitulah pendapat kami sebagai orang2 yang suka menonton film namun tidak mahir membuat ulasan/kritik tentang film2 yang habis ditontonnya....hihihi....


No comments:

Post a Comment